Arti Sebuah Kesuksesan Dan Bagaimana Memulainya

Sebenarnya apakah arti dari kesuksesan bagi anda? Ini bisa menjadi pertanyaan yang sulit, karena kita sering melihat sebuah kesuksesan bardasarkan pada kesuksesan orang lain. Seperti misalnya keluarga Bapak Anggoro misalnya, beliau memiliki sebuah rumah yang sangat besar dengan kolam renang luas dan beberapa mobil mewah di halaman rumahnya. Dengan melihat apa yang sudah dimiliki Pak Anggoro kita mungkin menganggap bahwa Pak Anggoro adalah orang yang sukses, karena kebanyakan orang cenderung melihat kesuksesan berdasarkan pada harta yang telah dimilikinya.

Tetapi apakah benar mereka adalah orang yang kaya, orang yang sukses? Atau malah mungkin mereka benci pada apa yang sudah mereka dapat , harta yang sudah diperoleh, dan mungkin malah mereka kurang bahagia. Jadi mengapa kita melihat kesuksesan orang lain dari tampilan luarnya dan barang barang yang dimilikinya, dan membandingkan diri kita dengan kesuksesan mereka yang kelihatan jelas? Apakah itu yang sebenarnya yang di maksudkan sukses?

Kedua paragraf di atas merupakan cara pandang yang berbeda mengenai kesuksesan, di paragraf pertama adalah cara pandang secara external, yaitu memandang kesuksesan dari luar diri kita dalam hal ini adalah kesuksesan orang lain, sedangkan pada paragraf kedua adalah cara pandang internal yaitu memandang kesuksesan dalam diri pribadi masing – masing. Marilah sekarang kita bermain main sebentar, luangkan waktu untuk sekedar menuliskan beberapa kesuksesan yang telah anda raih sampai hari ini, tuliskanlah sebanyak mungkin.

Jelas sekali bahwa banyak yang sudah anda raih dalam kehidupan ini melalui dedikasi, kerja keras, perjuangan dan disiplin yang tinggi. Sekarang, mari kita berpura – pura selama beberapa menit bahwa tidak ada yang tidak mungkin dan bahwa anda bisa memiliki atau melakukan semua yang anda inginkan dalam hidup. Apa sajakah itu ? Tuliskanlah sediskriptif mungkin, karena mungkin dari sinilah kesuksesan anda berasal.

“ apakah_ anda berfikir bahwa anda bisa, atau anda berfikir bahwa anda tidak bisa, anda benar sama sekali”_ Henry Ford Bagaimana anda melihat diri sendiri, nilai diri, harga diri, dan rasa percaya diri adalah bagian dari sikap anda. Bagaimana orang lain melihat anda atau berfikir tentang anda, bisa mempengaruhi sikap anda, seperti yang terjadi di masa lalu. Itu semua adalah pengaruh external , dan jika anda menerimanya entah itu pengaruh negative ataupun positif itu akan menjadi pengaruh internal bagi anda. Sikap anda adalah anda dan apa yang anda yakini tentang masa depan anda. Apakah anda memiliki keinginan dan keyakinan tertentu bagi diri anda dan masa depan anda? Jawabanya semua ada pada diri anda sendiri. Selamat mencoba, Sukses besar untuk anda.

Yang menciptkan motivasi diri adalah keinginan dan bayangan tentang kesuksesan. Ketika anda bisa melihat, merasakan dan mendengar hasil dari keinginan anda, berarti anda telah menciptakan keyakinan bahwa itu akan terjadi. Harapan – harapan ini akan memotivasi anda untuk meraih bayangan – bayangan kesuksesan itu. “ Prinsip – prinsip dasar mengenai kesuksesan adalah (1) inspirasi untuk bertindak – motivasi diri (2) ketrampilan – (3) pengtahuan akan aktivitasnya “ W. Clement Stone

Motivasi adalah keinginan kuat yang terpendam dengan harapan bahwa itu akan menjadi sebuah kenyataan. Tanpa keinginan yang kuat anda tidak akan mempunyai motivasi. Setelah keinginan itu muncul dalam diri anda, Anda harus bisa melihat, mendengar dan merasakan keinginan – keinginan anda tersebut, dan anda harus bisa membayangan sampai pada detail – detailnya seolah olah keinginan itu sudah terjadi. Inilah bentuk motivasi atau dorongan sejati dan satu satunya yang bisa anda gunakan untuk membantu anda meraih semua mimpi dan keinginan serta tujuan anda, karena semua ini datang langsung dari dalam diri anda, dan andalah yang membuatnya.

Motivasi yang lainya adalah ketakutan akan rasa sakit dan penderitaan. Dalam sebuah talk show nya seorang enterpreneur mengatakan bahwa ketakutan akan rasa sakit adalah motivasi yang paling bagus. Misalnya ketakutan apabila anda atau orang – orang yang anda sayangi dan anda cintai hidup miskin, ketakutan apabila mungkin anak anda besok tidak makan, ketakutan apabila bulan depan anda meninggal dunia dan anda takut anak anda besok sekolah di mana, dan masih banyak lagi ketakutan lain yang bisa memotivasi anda untuk selalu bergerak maju. Motivasi ketakutan akan kehilangan rasa nyaman juga bisa menjadi pendorong yang cepat, misalnya ketakutan kalau – kalau bulan depan tidak ada biaya untuk bayar cicilan mobil dan rumah, sehingga pihak bank akan menarik rumah dan mobil kita.

Apabila kita terus menerus menyimpan motivasi tentang kesuksesan, tentang rasa nyaman, tentang kesenangan dan tentang hari yang indah untuk keluarga kita, kita akan terus terdorong maju. Namun sebaliknya apabila kita tetap menyimpang bayangan kegagalan, ketakutan dan rasa sakit percayalah bahwa hal itu akan cepat datangnya menghampiri anda. Teruslah berfikir untuk maju dan membangun, kegagalan hanyalah sebuah pemberhentian sementara untuk kita melangkah lagi dengan lebih bijaksana. Berfikir positif, berdoa kepada TUHAN dan berusaha sekuat tenaga, maka yakinlah bahwa kesuksesan tinggal selangkah – dua langkah di depan anda. “ TUHAN tidak akan merubah nasib seorang hambanya (suatu kaum) apabila hambanya (kaum) tersebut tidak mau merubahnya sendiri” Selamat mencoba, Sukses besar untuk anda.